Gebrakan Jiwa Kewirausahaan Lewat Komunitas Ukmnesia Menggelar Indonesia’s Superpreneur Conference 2016

Jakarta, 15 Desember 2016 – UKM (Usaha Kecil Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini,UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia.

ukmnesia-1

Semua pengusaha pemula pasti ingin bisnisnya mengalami kemajuan yang signifikan dalam setiap tahap pertumbuhannya. Sayangnya, tak sedikit dari mereka yang bingung dan kerap mengalami kebuntuan. Hal itu terjadi karena minimnya informasi mengenai perkembangan dunia usaha terkini. Untuk itu dibutuhkan suatu program rutin yang mendukung penyebaran wawasan dan keterampilan untuk menyempurnakan gairah berwirausaha di Indonesia.
Sebuah Komunitas Pelaku UKM Indonesia bernama UKMNESIA hadir untuk memenuhi segala kebutuhan pelaku usaha. Melalui pagelaran pertamanya yang bertajuk ‘Superpreneur Academy: Indonesia’s Superpreneur Conference 2016’, UKMNESIA langsung menggebrak semangat kewirausahaan di Indonesia.
Ketua Komunitas UKMNESIA, Iim Rusyamsi, menjelaskan bahwa event ini diadakan untuk menjaga sekaligus meningkatkan semangat pengusaha muda untuk tetap konsisten menekuni dunia kewirausahaan. Superpreneur Academy sengaja diselenggarakan di akhir tahun agar keterampilan serta wawasan bisnis pengusaha semakin mantap, sehingga mereka mampu mewujudkan resolusi bisnisnya di tahun 2017.
Rangkaian acara Superpreneur Academy dikemas secara khusus untuk memenuhi kebutuhan para penggiat wirausaha, baik itu dari calon pelaku usaha, mahasiswa maupun pelaku usaha senior. Peserta dapat menambah jaringan bisnisnya, meningkatkan kapasitas pengetahuan, menggali ide dan strategi serta curhat langsung dengan 8 praktisi bisnis dengan pengalaman yang tak diragukan. Mereka adalah Nukman Luthfie (Pakar Sosial Media), Halim Nababan (Tim Ahli BPOM), Kevin Wu (Pengusaha, Penulis Buku dan Motivator), Yulia Astuti (CEO Salon Moz5), Mohamad Rosihan (CEO Saqina.com), Ardantya Syahreza (CEO Marketing Komunikasi Indonesia), Nanang Wahyudi (CEO Dampu Design), dan Didi Diarsa (CEO Kayuh Indonesia Wooden Bike).
Iim Rusyamsi kembali menegaskan bahwa Komunitas UKMNESIA merupakan ajang berkumpulnya penggiat wirausaha Indonesia. Di sini, pengusaha yang telah sukses dengan senang hati membantu pengusaha pemula. Pengusaha pemula bahu-membahu bekerja sama dengan komunitas hingga mereka naik kelas dan sukses. Lalu kembali memberdayakan pengusaha pemula lewat kolaborasi, inspirasi dan referensi dunia usaha.
Kolaborasi dengan seluruh stake holder kewirausahaan nasional juga menjadi langkah tepat untuk saling mengisi dan melengkapi serta menguatkan dalam segala hal. Partisipasi Ukmmarket sebagai marketplace produk lokal terlengkap pada event ini turut memberikan dampak positif kepada pengusaha yang hadir. Di sini, Ukmmarket banyak memberikan informasi mengenai strategi berbisnis secara online untuk dapat menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. “Melalui conference ini, kami kembali menegaskan komitmen Ukmmarket dalam mendukung pelaku usaha dan produk Indonesia.” Ungkap CEO Ukmmarket, A. Zaky Amiruddin.


ukmnesia-3

Tak hanya itu, Bank Negara Indonesia (BNI) pun juga menegaskan posisinya sebagai bank yang tetap mendukung sepenuhnya upaya penguatan kemandirian ekonomi. Perhatian BNI tidak pernah terputus pada pengembangan kapasitas para pelaku usaha pemula agar terus naik kelas menjadi enterpreneur kokoh, salah satunya dengan menyediakan dana pinjaman untuk merintis usaha.

ukmnesia-6
Dukungan langsung dari Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia bersama Kadin Indonesia semakin memantapkan langkah Komunitas UKMNESIA dalam dalam membentuk pengusaha–pengusaha lokal handal, tangguh, terampil dan sukses. Menurut Iim Rusyamsi,  Ke depannya, kami telah menyiapkan rangkaian acara seminar, klinik bisnis, dan workshop wirausaha secara rutin. Kami harap kontribusi positif ini melahirkan banyak pertumbuhan dan kemajuan dunia kewirausahaan Indonesia.